Kamis, 28 November 2013

macam bentuk desaign kaos batik

Kaos Batik. Jika selama ini kita mengenal batik hanya untuk kain mori, kain katun dan kain sutra. Banyak seniman dan industri busana membuat desain batik yang unik di kaos. Seiring perkembangan jaman dan desain mode busana yang semakin beragam, kaos batik dipilih karena pembuatannya yang lebih mudah, lebih cepat, lebih efisien dan peminat kaos batik justru semakin bertambah dari hari ke harinya. Kaos batik dapat ditemukan di kota tradisional dan kota budaya Yogyakarta, Jawa Tengah.
kaos batik Kaos Batik   Membuat Desain Yang Unik
Proses pembuatan kaos batik tidak serumit dengan batik kain. Karena pembuatannya yang tidak rumit inilah yang nantinya memberi keuntungan bagi para pembatik kaos dalam meraup keuntungan. Diakuinya batik oleh dunia internasional membuat batik begitu digiatkan kembali menjadi kreasi seni yang wajib dilestarikan oleh pemerintah. Apakah Anda penasaran dengan membuat desain kaos batik yang unik? Ada beberapa cara yang Anda harus ketahui.
  • Perlengkapan, sama halnya dengan batik kain perlengkapan yang lengkap mulai dari wajan, saringan, canting dan lilin atau malam untuk membatik haruslah sudah siap. Carilah posisi yang paling nyaman untuk membatik dengan dingklik sebagai tempat duduk dan gawangan serta anglo (perapian) yang siap untuk melancarkan proses membatik.
  • Selanjutnya kaos polos siapkan dan mulailah untuk membatik diatasnya. Karena kain kaos lebih mudah menyerap air dan lebih mudah diberi warna serta lukisan. Maka membatik juga bisa sesuai selera Anda, tidak serumit membatik pada kain yang membutuhkan ketelatenan ekstra. Batiklah kaos dengan pola dasar lalu selanjutnya lukiskan desain-desain unik seperti, percikan malam, titik-titik, atau garis yang mengkombinasi pada batik pola dasar sebelumnya.
  • Untuk proses selanjutnya, lapisi motif batik yang telah dibuat pada kaos dengan cairan kunci sablon agar batik tidak luntur saat dicuci.
  • Setelah proses membatik selesai, keringkan batik yang sudah terbentuk pada kaos. Jika dianggap cukup kering, selanjutnya cucilah kaos dengan air agar kotoran yang ada di kaos hilang.
  • Untuk pewarnaan kaos menjadi kaos yang tidak hanya bewarna putih, rendam kaos pada bak yang berisi pewarna kain beberapa jam. Setelah itu angkat dan keringkan dengan di jemur. Maka kaos yang dibuat telah siap untuk disetrika dan digunakan untuk keseharian Anda.
Tertarikkah Anda dalam membuat dan mendesain kaos batik yang unik sesuai selera Anda sendiri? Selain Anda dapat mengembangkan bakat dan melatih ketelatenan dalam membatik, kaos batik cukup sederhana karena membatik pada kaos bisa dengan desain yang lebih luas, lebih bebas dan tentunya lebih lepas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar